Trik : Menyembunyikan Widget Pada Halaman Utama Blog

Kali ini saya menuliskan tentang teknik menyembunyikan widget pada halaman utama blog. Lho, kenapa widget yang kita pasang malah disembunyikan? hehe...tenang dulu sob, jawabnya adalah untuk mengatur tampilan blog di halaman depan dan menampilkan kembali widget tersebut dihalaman posting. Dengan teknik seperti ini, blog terlihat lebih dinamis.

Untuk memasangnya sangat mudah, hanya perlu menambahkan beberapa baris kode HTML. Langkahnya adalah seperti ini:



1. Login dulu ke Account Blogspot.
2. Pilih Layout dan klik Edit HTML, untuk keamanan jika sobat gagal dalam menambahkan kode ini, silahkan di backup dulu templatenya, klik Download Full Template.
3. Cari dulu kode ]]></b:skin> , kemudian letakkan kode ini di bawah kode tersebut

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<style>
#HTML1,#Feed1,#Label1,#HTML4,#HTML8,#HTML14 {display:none;}
</style>
</b:if>

4. Ganti kode yang berwarna merah dengan kode widget yang ingin disembunyikan di halaman utama. Kode widget dapat dilihat di address bar bagian atas window browser (lihat gambar di bawah). Kode bisa memiliki nama HTML1, HTML2, HTML3, Feed1, Feed2, Label1, Label2, dan sebagainya. Kode memiliki nomor urutan otomatis yang di generate sesuai dengan urutan penambahan widget tersebut dan sifatnya unique.

 

5.  Langkah terakhir adalah SAVE TEMPLATE, Kemudian lihat hasilnya. Untuk mengetahui teknik tersebut berhasil silahkan lihat di bagian Page Element. Jika widget yang tadinya anda pasang di situ nampak, maka setelah diterapkan teknik ini element widget tersebut akan tersembunyi. 

Semoga bermanfaat

2 comments:

Followers

Artikel Terbaru

Find It