Tips Memilih Template di Blog

Ketika baru pertama nge-blog salah satu hal yang harus diperhatikan adalah memilih template yang "baik". Saya cukup bingung juga pada saat menentukan template blog ini karena harus menyesuaikan tema dan isi dari blog yang akan saya kelola selanjutnya, dan bagi blogger baru seperti saya, konon dari  senior blogger katanya hal itu umum terjadi. Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:
   1. Friendly Search Engine, Mesin pencari seperti google menyukai template dengan posisi side bar berada di sebelah kanan. Biasanya saya mendapati blog-blog yang berada di top rank memiliki struktur template seperti itu. Mesin pencari meng-indeks isi suatu website dari samping kiri ke kanan, seperti halnya kita membaca buku.
   2. Tampilan, tampilan blog harus semenarik mungkin agar pengunjung tidak cepat bosan. Usahakan warna tampilannya terang dan bersih sehingga tulisan enak dibaca. Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah pengunjung itu sendiri, hehe....Memuat banyak gambar dan widget memang menambah menarik suatu blog, tapi itu membuat proses membuka halaman blog akan semakin lama. Pengunjung blog/website secara umum kurang menyukainya. Jadi pasang gambar dan widget sesuai keperluan.
   3. Isi blog, isi tulisan yang disajikan harus selalu anyar karena informasi yang berkembang didunia maya cepat sekali. Tulisan yang diposting sebisa mungkin bukan hasil copy paste tulisan orang lain,. Kalau terpaksa melakukan copy paste kita setidaknya minta ijin dulu kepada si pemilik tulisan atau menyertakan referensi tulisan tersebut.

Banyak sekali template gratis yang beredar di "pasaran", untuk itu kita harus selektif memilihnya. Ada beberapa template yang di script nya telah terpasang link iklan pembuat template itu sendiri untuk mempromosikan websitenya atau link affiliasi yang dia ikuti. Semoga bermanfaat....

Salam Sukses...!

2 comments:

Anonymous said...
on

tulisannya sepertinya ada yang corrupt, mohon diperbaiki...
keep posting...
visit back to my website....
thanks bro....!!!!

opang said...
on

benar, ternyata ada yang korup. sudah saya perbaiki. Terima kasih atas masukannya :)

Followers

Artikel Terbaru

Find It